Bahaya Tumor Ganas Payudara

Bahaya Tumor Ganas Payudara

Bahaya Tumor Ganas Payudara

Bagi wanita, payudara adalah bagian tubuh berharga dan sangat penting untuk dijaga kesehatannya. Salah satu gangguan yang kerap menyerang payudara adalah tumor payudara dan kanker payudara. Penyakit tersebut memang juga bisa dialami para pria, namun umumnya penderita lebih didominasi wanita. Tumor payudara sendiri terbagi dalam dua sifat, yaitu jenis-jenis tumor jinak maupun tumor ganas. Jenis tumor payudara memang penting diketahui, apalagi untuk menentukan pengobatan yang tepat. Jika tidak terdiagnosis dengan baik, bisa jadi obat yang diberikan kurang akurat dan tidak cukup efisien.

Tumor payudara dapat kambuh setiap saat, tetapi kebanyakan kekambuhan terjadi pada tiga sampai lima tahun pertama setelah perawatan awal. Tumor payudara dapat kembali sebagai kekambuhan lokal pada payudara yang diobati atau dekat bekas luka mastektomi atau sebagai kekambuhan yang jauh di tempat lain di dalam tubuh. Tempat kekambuhan yang paling sering adalah kelenjar getah bening, tulang, hati atau paru-paru seperti ciri-ciri kanker payudara menyebar ke otak. Sebuah kekambuhan tumor payudara, atau “tumor payudara berulang,” adalah tumor yang telah kembali pada payudara atau dinding dada yang sama atau berlawanan setelah jangka waktu ketika tumor tidak dapat dideteksi.

Penyebab tumor jinak menjadi ganas dan penyebab tumor jinak payudara membentuk perbedaan tumor payudara dan kanker payudara, sehingga tumor ganas pun dapat berubah menjadi kanker mematikan. Penyebab kanker payudara bisa berasal dari dalam tubuh maupun luar tubuh. Penting mengetahui ciri benjolan kanker payudara dan stadium kanker payudara agar bisa lebih waspada saat mengalaminya. Nah, kita juga perlu mengetahui bahaya tumor ganas payudara sehingga bisa bertindak cepat untuk mengatasinya. Adapun bahaya tumor ganas payudara pada seorang wanita adalah sebagai berikut.

 

  1. Nyeri yang Hebat

Tumor ganas payudara sangat cepat membelah diri sehingga pertumbuhannya agresif dan terus membesar. Massa tumor akan menekan jaringan lainnya sehingga muncul rasa sakit yang luar biasa. Apalagi bahaya tumor ganas payudara jika peradangan terjadi, maka rasa sakit akan terus terasa dan semakin lama semakin kuat. Karena itu tumor ganas tidak boleh dibiarkan agar tidak menyebabkan komplikasi lebih buruk.

 

  1. Tubuh Merasa Lelah

Setelah beraktivitas kita memang cenderung merasa lelah, namun jika aktivitas tidak berat kita sudah sangat kelelahan, itu bisa menjadi dampak dari adanya tumor ganas di payudara. Segera periksakan diri ke dokter agar dapat mendeteksi penyebabnya dan segera dapatkan pengobatan yang tepat.

 

  1. Nafsu Makan Menurun

Tumor ganas seringkali mempengaruhi nafsu makan, sehingga asupan nutrisi untuk tubuh pun berkurang. Biasanya ini jarang terjadi pada tanda-tanda kanker payudara stadium awal, dan mulai terasa saat tumor semakin besar. Segera atasi bahaya tumor ganas payudara ini agar tubuh tidak semakin lemah dan mudah lelah.

 

  1. Berat Badan Berkurang Drastis

Bagi orang yang memiliki berat berlebih, mendapati tubuh kurus pasti akan merasa senang. Namun apa jadinya jika tubuh terlalu kurus hingga terlihat tidak berdaging, ditambah dengan penyakit tumor ganas payudara yang terus menghantui. Tentu bahaya tumor ganas payudara ini sangat tidak diinginkan dan harus segera diobati.

 

  1. Tumor Menyebar

Berbeda dengan tumor jinak, tumor ganas cenderung agresif sehingga lebih mudah menyebar ke jaringan tubuh yang lain. Pertumbuhan tumor tersebut akan merusak jaringan tubuh sehingga kesehatan penderitanya akan terus menurun. Sebelum itu terjadi, bahaya tumor ganas payudara harus segera diatasi secara medis hingga hilang secara total.

 

  1. Kesuburan Wanita Terganggu

Payudara memang bukan organ reproduksi, namun dapat mempengaruhi kesehatan organ tersebut bahkan menurunkan kesuburan pada wanita yang mengalami tumor ganas payudara. Hal ini dikarenakan keseimbangan hormon akan terganggu sehingga berdampak pada kesehatan organ reproduksi wanita.

 

  1. Payudara Pecah

Banyak sekali kasus terjadi dimana tumor ganas di payudara semakin membesar dan meradang, hingga akhirnya payudara pecah. Hal ini tentu menjadi bahaya tumor ganas payudara yang sangat mengerikan sehingga perlu penanganan secepat mungkin untuk menghindari kematian. Jus untuk kanker payudara dapat dikonsumsi setiap hari agar tumor tidak menyebabkan payudara pecah.

 

  1. Menopause Lebih Cepat

Setiap wanita pasti akan mengalami masa menopause, namun jika terjadi terlalu cepat akan menimbulkan efek tidak mengenakkan. Menderita tumor saja sudah sangat menderita, ditambah dengan dampak mengalami menopause tentu akan lebih menyakitkan.

 

  1. Mengalami Rambut Rontok

Tumor ganas biasanya tidak bisa diatasi hanya dengan tindakan operasi saja, namun juga dilanjutkan dengan kemoterapi kanker payudara dan radioterapi kanker payudara untuk memastikan sel tumor tidak tertinggal. Nah, kedua terapi tumor payudara tersebut dapat menimbulkan efek samping termasuk salah satunya kerontokan rambut, sehingga penderitanya dapat menjadi botak.

 

  1. Bermetastasis

Seperti halnya kanker, tumor ganas payudara juga bisa bermetastasis melalui kelenjar getah bening sehingga dapat menyerang organ tubuh yang lain. Hal ini menjadikan tumor semakin ganas dan semakin melemahkan tubuh penderitanya. Karena itu, tumor harus segera ditangani hingga tuntas sebelum menyebabkan tumor lainnya muncul.

 

  1. Kematian

Bahaya tumor ganas payudara yang sangat mengerikan tentu saja adalah kematian. Banyak sekali penderita tumor ganas yang harus kehilangan nyawanya karena penyakit tersebut sangat sulit untuk diobati. Adakalanya penderita dapat sembuh, namun beberapa tahun kemudian tumor muncul kembali sehingga hal ini harus diwaspadai.

 

Itulah bahaya tumor ganas payudara yang sebaiknya diwaspadai dan dihindari sebaik mungkin. Hal yang terpenting untuk menjauhkan tubuh dari penyakit tumor dan kanker adalah selalu jalani pola hidup sehat, berpikir positif dan hindari makanan yang memicu munculnya sel tumor dan kanker di dalam tubuh. Semoga bermanfaat…

 

 

 

Bahaya Tumor Ganas Payudara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*