Bahaya Tumor Jinak Payudara

Bahaya Tumor jinak Payudara

Bahaya Tumor Jinak Payudara

Bahaya Tumor jinak Payudara – Tumor jinak sering dikatakan tidak berbahaya karena tidak sampai berkembang menjadi kanker. Namun demikian, penyakit ini tetap tidak bisa dianggap enteng karena dapat berakibat fatal pada kesehatan tubuh. Sifatnya yang jinak membuat penderitanya acap kurang tanggap melakukan pengobatan. Padahal semakin cepat penyakit tumor jinak diobati, akan semakin baik hasilnya.

Tumor jinak biasanya dikelilingi oleh permukaan luar yang menghambat pertumbuhannya sehingga tak sampai berkembang menjadi tumor ganas. Namun pada beberapa kasus, tumor jinak dapat berkembang menjadi tumor yang ganas.

Perubahan tersebut ada yang disebut dengan tubular adenoma, yaitu jenis umum dari polip kolon yang merupakan tanda timbulnya kanker kolon. Sel pada adenoma, seperti pada umumnya tumor yang berkembang menjadi kanker, menunjukkan secara jelas tidak normalnya bentuk perkembangan sel. Hal ini yang dimaksud dengan displasia.

 

Ketidaknormalan sel tersebut tidak ditemukan pada tumor yang tidak potensial berkembang menjadi kanker (tumor jinak). Sebaliknya, fenomena tersebut kerap ditemui pada kasus tumor yang meningkat menjadi kanker.

Benjolan pada payudara atau tumor di payudara dapat membuat takut dan resah bagi semua orang. Tumor payudara tidak selalu berarti kanker, dan tumor yang bersifat jinak merupakan kondisi papiloma intraduktal. Bahaya Tumor Jinak Payudara

Papiloma intraduktal adalah tumor yang sifatnya jinak dan berasal tumor kecil di saluran susu di payudara. Tumor ini terbentuk dari kelenjar, jaringan fibrosa, dan pembuluh darah. Tumor ini paling sering terjadi pada wanita antara usia 35 sampai 55 tahun. Berikut di bawah ini ada beberapa bahaya tumor jinak payudara yang mengintai Anda jika tidak segera melakukan pemeriksaan, antara lain:

 

  1. Menyebabkan gangguan metabolisme

Bahaya tumor jinak payudara yang pertama adalah dapat menyebabkan gangguan metabolisme, hal ini dapat terjadi karena jaingan abnormal yang tumbuh di dalam organ, memicu organ tersebut tidak bisa bekerja secara semestinya, sehingga dari sinilah metabolisme tubuh menjadi terganggu, seperti munculnya sembelit atau susah BAB.

 

  1. Menyebabkan komplikasi berbahaya

Jika penyakit tumor jinak tersebut dibiarkan dan tidak dilakukan perawatan ataupun pengobatan,maka akan sangat berbahaya, karena dari sinilah sebuah komplikasi tumor jinak muncul, komplikasi tersebut bisa berupa munculnya bahaya tumor jinak payudara, seperti kanker, kista dan bahkan tumor jinak bisa berubah menjadi tumor ganas.

 

  1. Menimbulkan gangguan pada organ

Bahaya tumor jinak payudara muncul tidak memandang organ di dalam tubuh, semua organ memiliki kesempatan yang sama untuk bisa terkena penyakit tumor jinak ini, terlebih jika organ tersebut memiliki peranan penting untuk proses dalam tubuh, seperti otak, pankreas, payudara dan masih banyak lagi. Jika organ-organ tersebut mengalami benjolan tumor jinak, maka organ tersebut tidak akan mampu menjalankan tugas dengan baik, sehingga hal ini menyebabkan seluruh organ mengalami gangguan.

 

  1. Menularkan kepada keturunan

Salah satu penyebab munculnya penyakit tumor jinak adalah karena faktor keturunan, terlebih jika seorang ibu tersebut mengalami tumor jinak di payudara, maka buah hati yang mengonsumsi ASI dari ibu tersebut akan mengalami nasib yang sama dengan orang tuanya, bahaya tumor jinak payudara satu ini sering terjadi di Indonesia.

 

  1. Menimbulkan kematian

Bahaya tumor jinak payudara yang terakhir adalah dapat menyebabkan kematian, terlebih jika tumor jinak tersebut sudah menjadi kanker ataupun tumor ganas, maka kematian akan menghantui mereka kapan saja, kasus yang beredar mengenai kematian akibat tumor jinak yang telah menjadi tumor ganas mencapai angka yang sangat miris dan bahaya tumor jinak yang satu ini harus mendapatkan perhatian yang besar daripada penderita itu sendiri, agar mereka terhindar dari kematian akibat penyakit tumor jinak yang telah berubah menjadi tumor ganas ataupun kanker.

 

 

Tindakan Pencegahan

Meski tumor payudara kebanyakan jinak dan mudah disembuhkan, bukan berarti kita boleh menyepelekannya. Terlambat penanganan akan memperlama waktu penyembuhan. Namun dari pada kita melakukan pengobatan dengan biaya yang mahal, maka sebaiknya kita melakukan tindakan pencegahan agar jangan sampai terdapat tumor pada payudara. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah terkena tumor jinak payudara:

  • Menghindari rokok dan alkohol. Dengan melakukan ini Anda tidak hanya terhindar dari penyakit tumor payudara namun juga bisa selamat dari penyakit lainnya.
  • Menghindari penggunaan BH yang ketat. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelancaran sistem peredaran darah sehingga payudara tetap sehat.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang kaya gizi yang sangat diperlukan tubuh dapat kita peroleh kebutuhannya dengan banyak mengkonsumsinya. Selain itu makanan pencegah kanker cukup banyak dan Anda tinggal mencarinya untuk dikonsumsi. Bahaya Tumor Jinak Payudara
  • Melakukan olahraga secara rutin. Kegiatan ini dapat menjaga kebugaran tubuh hingga dapat menghilangkan penat. Dengan berolahraga tubuh tidak mudah sakit dan kita pun dapat melakukan berbagai aktivitas dengan baik.

Nah, itulah penyebab munculnya tumor jinak pada payudara. Jika Anda merasakan salah satu saja gejala di atas sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan Anda. Jika memang ditemukan adanya tumor  maka kemungkinan besarnya operasi akan berjalan untuk mengangkat tumor tersebut.

 

 

Bahaya Tumor Jinak Payudara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*