Diagnosis Tumor Jinak Payudara

Diagnosis Tumor Jinak Payudara

Diagnosis Tumor Jinak Payudara

Tumor jinak pada payudara umumnya membentuk benjolan pada payudara. Kondisi ini terjadi ketika ada sel-sel payudara yang berkembang secara tidak normal dan cepat. Namun tidak semua benjolan payudara adalah tumor atau kanker. Ada beberapa penyebab benjolan pada payudara yang jauh lebih umum daripada tumor dan kanker.

 

Gejala Tumor Jinak Payudara

  • Kadang meskipun di tubuhnya telah tumbuh tumor dia tidak merasakan gejala apapun.
  • Atau bisa juga ditubuhnya menunjukkan gejala tersebut tetapi bukan karena tumor payudara, tapi akibat kondisi medis lain.

Apabila seorang wanita mempunyai gejala dibawah ini dan merasa sangat khawatir,sebaiknya segera ke dokter.

Adapun tanda-tanda atau gejalanya antara lain :

  • Ada benjolan yang keras di payudara
  • Bentuk puting berubah (bisa masuk kedalam, atau terasa sakit terus-menerus), mengeluarkan cairan / darah
  • Ada perubahan pada kulit payudara diantaranya berkerut, iritasi, seperti kulit jeruk
  • adanya benjolan-benjolan kecil
  • Ada luka dipayudara yang sulit sembuh
  • Payudara terasa panas, memerah dan bengkak
  • Terasa sakit / nyeri (bisa juga ini bukan sakit karena kanker, tapi tetap harus diwaspadai)
  • Terasa sangat gatal didaerah sekitar puting
  • Benjolan yang keras itu tidak bergerak (terfiksasi). dan biasanya pada awal-awalnya tidak terasa sakit
  • Apabila benjolan itu kanker, awalnya biasanya hanya pada 1 payudara

 

Diagnosis Tumor Jinak Payudara

Pada umumnya, diagnosis tumor jinak payudara melalui pemeriksaan rutin atau ketika penderitanya menyadari gejala-gejala tertentu yang akhirnya menjadi pendorong untuk ke dokter. Pemeriksaan fisik saja tidak cukup untuk mengonfirmasi diagnosis tumor jinak payudara. Jika menemukan benjolan pada payudara Anda, dokter akan menganjurkan beberapa prosedur untuk memastikan apakah Anda menderita tumor payudara atau tidak.

 

  1. USG

USG dapat memberi gambaran jelas mengenai kondisi jaringan kelenjar susu, tepi, ada tidaknya benjolan, ukuran, bentuk, sifat tumor (kistic atau padat) dan kondisi lainnya. Sebagai dasar penentuan sifat tumor, jinak atau ganas. Ketepatan USG sebagai diagnosis tumor jinak payudara adalah 80%-85%. Jika melakukan pemeriksaan SADARI Anda menemukan adanya benjolan, sebaiknya Anda melakukan diagnosis tumor jinak payudara ke rumah sakit terdekat.

 

  1. Pemeriksaan gambar termal

Dikarenakan pertumbuhan sel kanker yang cepat, pembuluh darah bertambah banyak dan peningkatan suhu permukaan benjolan. Ini menunjukkan suhu permukaan yang lebih tinggi dibandingkan jaringan sekitarnya, perbedaan ini dapat dijadikan sebagai diagnosis tumor jinak payudara.

 

  1. Inframerah dekat

Diagnosis tumor jinak payudara dengan gelombang inframerah yang cenderung lebih panjang, memudahkan menembus jaringan lunak. Penggunaan inframerah pada jaringan kepadatan yang berbeda akan menghasilkan bayangan abu-abu yang berbeda, dapat menunjukkan benjolan payudara. Selain itu, inframerah pada hemoglobin lebih sensitif, bayangan pembuluh darah payudara dapat ditampilkan dengan jelas.

 

  1. CT-scan

Dapat digunakan untuk menentukan posisi lesi kelenjar payudara sebelum dilakukan biopsy, menentukan stadium sebelum dilakukan tindakan, memeriksa bagian belakang payudara, ada tindaknya pembesaran kelenjar getah bening pada ketiak dan internal. Membantu dalam menentukan rencana pengobatan. Jenis diagnosis tumor jinak payudara ini juga dapat dijalani oleh pasien yang mengalami gejala nyeri pada payudara dan yang memiliki benjolan yang dapat diraba sebagai pendiagnosaan lebih lanjut.

 

  1. Tumor marker

Proses karsinogenesis terdiri dari kemunculan sel tumor, sekresi, pelepasan komposisi jaringan sel, serta pembentukan antigen, enzim, hormon atau metabolit di dalam sel tumor atau di dalam cairan tubuh. Zat semacam ini disebut tumor marker. Metode diagnosis tumor jinak payudara ini terdiri dari : Carcinoembryonic antigen (CEA), feritin, monoclonal antibody, dan lain-lain.

 

  1. Biopsi

Setelah tumor payudara terdiagnosa secara pasti, baru dapat dilakukan pengobatan. Meskipun saat ini terdapat banyak metode diagnosis tumor jinak payudara, tetapi sampai sekarang, hanya hasil patologi biopsi yang dapat dijadikan sebagai dasar pendiagnosaan. Biopsi meliputi : Biopsi Jarum, Biopsi Insisi dan Biopsi Eksisi.

 

Ahli onkologi Modern Cancer Hospital Guangzhou menghimbau, meskipun tumor payudara dapat dilakukan melalui pemeriksaan SADARI, tetapi sebagian besar penderita menemukan adanya benjolan saat sudah memasuki stadium lanjut. Perkembangan payudara setiap wanita berbeda, pemeriksaan sendiri pun bisa saja tidak akurat. Pilihan yang paling rasional untuk menemukan kelainan fisik pada diri sendiri adalah melakukan pemeriksaan ke rumah sakit besar. Jangan ceroboh, bergantung pada rumah sakit atau klinik kecil hanya dapat menunda penyakit. Semoga bermanfaat..

 

 

Diagnosis Tumor Jinak Payudara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*