Faktor Terjadinya Kanker Payudara – WA/SMS 0812 9127 3879 (Kembangan|Pontianak|Donggala|Binjai}

Kanker payudara ialah tipe kanker yang menyerang organ payudara, dimana sel dalam payudara membelah dan tumbuh diluar kendali. Kanker ini merupakan salah satu macam kanker yang paling banyak diderita oleh masyarakat, khususnya perempuan. Perempuan beresiko besar terkena kanker payudara, tapi tidak menghilangkan kemungkinan bahwa pria juga dapat terserang kanker payudara.

Kanker payudara susah buat diobati dan kemungkinan pengidap untuk sembuh sangat kecil, sehingga umum jika kanker payudara ditakuti oleh masyarakat. Meskipun demikian tidak berarti bahwa kanker payudara tidak dapat disembuhkan sama sekali. Kanker payudara menempati posisi pertama dengan persentase kasus 43,1% dan persentase kematian 12,9%. Hal ini menunjukkan bahwa kanker payudara adalah momok yang paling mengerikan buat kaum perempuan.

 

Faktor Penyebab Kanker Payudara

Ada banyak faktor yang diduga dapat memicu tumbuhnya sel kanker payudara. Faktor-faktor tersebut digolongkan menjadi 2 faktor utama, yakni faktor pemicu kanker payudara yang tidak dapat dikendalikan & faktor penyebab kanker payudara yang dapat dikendalikan. Berikut adalah faktor-faktor resiko penyebab kanker payudara dan penjelasannya :

 

Faktor Pemicu Kanker Payudara yang tidak bisa dibatasi

Faktor terjadinya kanker payudara yang tak bisa dikontrol yaitu elemen resiko yang merupakan turunan sejak lahir dan faktor terjadinya kanker payudara yang tidak dapat diubah seperti :

 

  1. Riwayat keluarga

Wanita yang mempunyai member keluarga yang pernah menderita kanker payudara memiliki resiko yang lebih besar. { faktor terjadinya kanker payudara kalau seorang wanita mempunyai ibu, bibi atau saudara perempuan yang menderita kanker payudara, ia memiliki resiko 2 kali lipat menderita kanker payudara. Sementara resiko pada generasi selanjutnya, semisal jikalau wanita tersebut memiliki si kecil, karenanya anak dari wanita hal yang demikian memiliki resiko tiga kali lebih besar dari ibunya.

 

  1. Gender

Gender atau macam kelamin yakni salah satu faktor penyebab kanker payudara. Wanita beresiko 100 kali lebih besar menderita kanker payudara dibanding laki-laki. Selain ini disebabkan sebab pada wanita, payudara lebih berkembang dan mempunyai lebih banyak jaringan didalamnya diperbandingkan pria.

Jaringan dalam payudara pria tidak mengalami pertumbuhan sebagaimana payudara wanita. Genetik itu pria tidak memiliki kadar estrogen dan progesteron yang tinggi seperti pada wanita. Kedua hormon ini adalah salah satu pemicu kanker payudara.

 

  1. Genetik

Sekitar 5% hingga 10% dari penderita kanker payudara disebabkan oleh faktor genetik. Tubuh manusia normal memiliki gen yang membatasi pertumbuhan tumor yang disebut Gen BRCA1 dan BRCA2. Usia gen ini rusak atau bermutasi, maka pertumbuhan sel tak bisa dikontrol dan akhirnya timbul sel kanker.

 

  1. Usia

Wanita yang berusia lebih dari 55 tahun beresiko lebih besar terkena faktor terjadinya kanker payudara. Selain ini disebabkan oleh kecakapan penguasaan sel dan fungsi organ tubuh yang telah menurun sehingga menyebabkan sel tumbuh tak terkendali. Dua dari tiga penderita kanker payudara adalah wanita diatas umur 55 tahun.

 

  1. Riwayat Individu

Wanita yang pernah menderita kanker payudara pada salah satu bagian payudaranya, semisal payudara kanan, beresiko menjalarkan kanker payudara tersebut pada komponen lain tubuhnya adalah payudara sebelah kiri. Faktor sel kankernya sudah diangkat dari dalam jaringan payudaranya, tetap saja wanita tersebut masih beresiko terserang kanker payudara.

Bahaya Tumor Jinak Payudara

Faktor penyebab kanker payudara yang dapat dibatasi

Meskipun dimaksud dengan {e faktor penyebab kanker payudara yang dapat diatur yakni faktor resiko yang menyangkut pola dan gaya hidup seseorang. Simak penjelasan berikut ini untuk mengenal faktor terjadinya kanker payudara apa saja yang dapat dikendalikan untuk mencegah penyakit kanker payudara:

 

  1. Olahraga

Faktor terjadinya kanker payudara karena kurang berolahraga adalah satu faktor resiko yang dapat menyebabkan penyakit kanker. Seseorang yang rutin berolahraga 4 jam sehari dapat mengurangi resiko terkena kanker payudara sampai 14%.

 

  1. Makanan

“Tidak yaitu apa yang kamu makan”, ungkapan ini menandakan bahwa seseorang dapat terkena penyakit disebabkan oleh  pola makan yang tidak sehat. Kurangnya konsumsi sayuran dan buah menyebabkan tubuh kekurangan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Radikal bebas yakni senyawa yang membahayakan bagi tubuh dan dapat menyebabkan kerusakan sel termasuk gen BRCA1 dan BRCA2.

 

  1. Alkohol

Pada dasarnya alkohol ialah senyawa kimia yang bisa menggangu pengerjaan dan fungsi organ tubuh. Wanita yang mengonsumsi alkohol secara rutin beresiko 1 ½ kali lebih besar terkena kanker payudara diperbandingkan mereka yang bukan peminum.

 

  1. Radiasi

Faktor yang jarang ditemukan, radiasi bisa menjadi salah satu faktor terjadinya kanker payudara. Radiasi cahaya X atau yang umum kita kenal dengan rontgen mempunyai kesanggupan untuk memicu mutasi yang terjadi pada sel, alhasil sel mengalami kerusakan dan kehilangan kesanggupan untuk mengatur pembelahan dirinya.

 

  1. Merokok

Faktor yang tidak diragukan lagi yaitu merokok merupakan perilaku yang menyebabkan banyak penyakit termasuk kanker payudara. mengandung ratusan bahan kimia yang bisa merusak organ dan sel tubuh yang memicu perkembangan sel kanker.

 

  1. Berat badan

Kelebihan berat badan atau kegemukan bisa meningkatkan resiko terkena kanker. Kecuali ini disebabkan sebab hormon estrogen yang yaitu pemicu kanker diwujudkan oleh sel lemak. Banyak sel lemak yang ada dalam tubuh, kian besar resiko kanker payudara yang dimilki.

 

This entry was posted in Kanker Payudara and tagged , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*