Gejala Tumor Jinak Payudara

Gejala Tumor Jinak Payudara

Gejala Tumor Jinak Payudara

Tumor jinak pada payudara biasanya dicirikan dengan adanya benjolan yang menyertai rasa nyeri di sekitar bagian payudara. Kondisi ini dinamakan sebagai Papiloma Intraduktal, yaitu tumbuhnya tumor kecil di saluran susu. Proses terbentuknya tumor ini berasal dari jaringan fibrosa, pembuluh darah, serta bagian kelenjar. Usia yang rentan terkena tumor payudara adalah sekitar 16 hingga 50 tahun. Oleh sebab itu, bagi Anda yang belum atau sudah dalam masa ini baiknya melakukan deteksi dini untuk memeriksa payudara secara intens.

 

Tumor Jinak payudara dalam dunia medis disebut sebagai Fibroadenomamammae atau disingkat FAM. Benjolan pada payudara yang diindikasikan sebagai FAM terbentuk dari gumpalan lemak terbungkus dan tidak menyebar ke bagian lainnya. Kondisi tersebut lebih rentan terjadi apabila penderita belum pernah melahirkan hingga berada di usia 40 tahun, karena hormon esterogen yang tidak mengalami penurunan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, maka disarankan kewaspadaan lebih bagi para wanita dengan mendeteksi apabila terjadi gejala tumor jinak payudara, berikut ini yang merupakan gejala tumor jinak payudara:

 

  1. Rasa gatal

Rasa gatal disekitar payudara tidak boleh dianggap sebagai hal yang sepele. Kondisi ini bisa memungkinkan bahwa jaringan sedang bereaksi karena adanya pertumbuhan sel secara abnormal. Salah satu gejala tumor jinak payudara adalah melalui rasa gatal di area payudara ini.

 

  1. Nyeri saat ditekan

Salah satu gejala tumor jinak payudara terasa nyeri saat ditekan. Pada beberapa bagian tertentu yang ada disekitar tumbuhnya tumor akan dirasakan nyeri saat ditekan. Bagian tersebut seperti puting, sekitar puting, hingga menuju daerah ketiak. Otomatis rasa sakit saat dilakukan penekanan yang sewajarnya bisa menjadi ciri dari kelenjar atau jaringan yang terganggu.

 

  1. Benjolan

Benjolan merupakan ciri yang dengan mudah diamati. Oleh karena itu, diwajibkan bagi para wanita untuk selalu melakukan gerakan SADARI untuk memeriksa payudaranya. Tidak hanya benjolan yang besar saja, karena tumor yang berukuran lebih kecil pun terkadang menjadi berbahaya jika tidak diamati dengan seksama.

 

  1. Nyeri tulang punggung

Tulang punggung adalah salah satu area yang akan merasakan nyeri luar biasa saat terjadi penyakit yang cukup serius, termasuk gejala tumor jinak payudara. Di bagian tulang punggung penderita bisa merasakan nyeri disertai rasa kaku pada bagian tengah.

 

  1. Hilang nafsu makan

Gejala tumor jinak payudara berikutnya adalah keinginan untuk mnegonsumsi makanan tidak seperti biasanya. Ciri penyakit yang paling umum terjadi adalah hilangnya nafsu makan, dengan kondisi demikian maka dipastikan berat badan berangsur menurun dan penyerapan nutrisi untuk metabolisme tubuh akan terganggu.

 

  1. Demam tinggi

Gejala tumor jinak payudara lainnya yang akan muncul adalah kondisi penderita yang menurun. Semakin menurunnya ini bisa dikarenakan jaringan yang sudah tidak berfungsi secara normal. Hal tersebut akan menyebabkan penderita bisa merasakan meriang atau demam tinggi terutama saat malam hari.

 

  1. Nyeri di bagian tertentu

Pada bagian-bagian tertentu, terutama yang ada di sekitar payudara seperti lengan, ketiak, bawah payudara, hingga tulang belakang sepertinya akan menjadi area yang rentan dengan rasa nyeri. Rasa nyeri tersebut merupakan bagian dari proses pertumbuhan sel tumor yang harus diwaspadai meskipun secara fisik belum muncul benjolan yang bisa dilihat secara nyata.

 

  1. Cairan puting

Munculnya cairan pada putting susu sepertinya merupakan hal yang wajara saja apabila terjadi pada saat yang bersamaan dengan masa menyusui. Akan tetapi, jika saat puting susu tidak mengalami tekanan dan kemudian mengeluarkan cairan mendadak, maka bisa diartikan sebagai kondisi yang tidak wajar. Hal ini bisa menjadi gejala tumor jinak payudara.

 

  1. Payudara tenggelam

Perubahan lain yang bisa diamati adalah payudara yang terasa tegang dan ditandai dengan putting payudara yang menekan ke dalam. Jika sudah demikian, bisa diindikasikan tumor sedang mengalami proses penyebaran yang lebih luas.

 

  1. Perubahan kulit

Perubahan yang umum terjadi saat kondisi bagian dalam payudara sedang tidak sehat adalah kondisi fisik bagian luar terutama pada warna kulit. Terlihat perubahan kulit yang kemudian mengerut pada area tertentu. Kerutan yang muncul sedikit mirip dengan kulit jeruk, yang menandakan bahwa jaringan di bagian tersebut sedang mengalami masalah.

 

 

 

Gejala Tumor Jinak Payudara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*