Jenis Tumor Payudara

Jenis Tumor Payudara

Jenis Tumor Payudara

Tumor payudara pun sebenarnya dapat bersifat jinak maupun ganas, karena itu kemungkinan saat memeriksakan diri ke rumah sakit, dokter akan melakukan biopsi untuk mengambil sampel jaringan pada tumor untuk diperiksakan di laboratorium. Contoh tumor jinak di payudara adalah fibroadenoma yang sangat sering ditemukan pada wanita. Penyebab tumor jinak payudara sendiri belum dapat dipastikan, namun banyak faktor yang dapat memicunya termasuk ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Ciri-ciri tumor jinak pada payudara dapat dilihat dari bentuknya yang lebih lunak, mudah digeser dan terkadang tidak terasa sakit.

 

Baik pria maupun wanita sama-sama memiliki resiko terhadap penyakit tumor payudara, meskipun kebanyakan penderitanya adalah wanita. Tumor payudara umumnya termasuk contoh tumor jinak, namun ada pula yang ganas sehingga berpotensi berubah menjadi kanker payudara. Perbedaan tumor payudara dan kanker payudara perlu kita pahami agar dapat menentukan pengobatan yang tepat dan meminimalisir resiko yang akan ditimbulkan. Kebanyakan para wanita akan langsung panik ketika tahu ada benjolan pada payudaranya. Padahal tidak semua benjolan merupakan kanker, meskipun benjolan pada payudara merupakan tanda kanker payudara stadium awal.

 

Penyebab tumor jinak menjadi ganas biasanya dikarenakan pola hidup yang tidak sehat, dan harus dihindari agar tumor yang diderita tidak menjadi kanker. Salah satu penyebab tumor jinak payudara adalah perubahan kadar hormon dalam tubuh dan makanan yang tidak sehat. Biasanya akan muncul ciri-ciri tumor jinak payudara secara perlahan, dan jika ganas dapat menyebar hingga ke bagian tubuh yang lain. Jenis-jenis tumor jinak dapat menimbulkan efek tumor payudara yang berbeda, karena itu sangat penting mengetahui apa saja jenis tumor payudara seperti berikut ini:

 

 

  1. Fibroadenoma

Fibroadenoma merupakan jenis tumor payudara jinak yang paling sering terjadi pada payudara wanita ,terutama yang berusia muda atau produktif. Tumor ini lebih padat dan kenyal juga lebih keras, namun tidak berpotensi untuk berubah menjadi penyakit kanker. Meski terkadang tidak membutuhkan perawatan khusus, tumor fibroadenoma perlu dioperasi jika semakin membesar dan menimbulkan sakit yang luar biasa. Saat kadar hormon estrogen dalam tubuh meningkat seperti pada masa pubertas atau hamil, maka fibroadenoma juga akan kian membesar.

 

 

  1. Intraductal Papillomas

Tumor ini tumbuh pada saluran yang menyalurkan produksi ASI ke puting, sehingga keberadaan tumor tersebut seringkali ditandai dengan keluarnya cairan dari puting yang berwarna keruh. jenis tumor payudara satu ini bisa bersifat jinak namun juga bisa bersifat ganas, karena itu wanita yang mengalaminya diharapkan untuk selalu waspada. Umumnya tumor yang muncul sendiri tidak berbahaya dan tidak berpotensi menjadi kanker, namun jika muncul lebih dari satu sebaiknya segera lakukan pengobatan karena jika terlambat dikhawatirkan akan menjadi kanker yang ganas.

 

  1. Sclerosing Lymphocytic Lobulitis

Wanita yang mengalami jenis tumor payudara jenis sclerosing lymphocytic lobulitis umumnya juga menderita diabetes tipe-1. Karena itu para wanita yang menderita penyakit diabetes tipe-1 harus sangat waspada dan lebih memperhatikan kesehatannya. Tumor ini dapat muncul pada saluran atau lobulus pada payudara, dan tumor biasanya berukuran kecil namun keras. Biasanya tumor ini tidak akan berkembang menjadi kanker payudara, namun jika ada pemicu yang cukup kuat kemungkinan kanker bisa saja terjadi.

 

  1. Sistosarkoma Filoides

Sistosarkoma filoides merupakan jenis tumor payudara yang bisa dibilang cukup berbahaya dan umumnya diderita wanita dengan usia di atas 45 tahun. Tumor ini memang bersifat jinak dan mudah disembuhkan, namun juga berpotensi besar menjadi ganas dan membentuk sel kanker karena kecepatannya dalam tumbuh dan berkembang. Tumor ini sangat lihai dalam menyusup sehingga terkadang sulit terdeteksi. Diperlukan pemeriksaan secara rutin agar penyakit ini dapat ditemukan sebelum berkembang menjadi kanker.

 

  1. Tumor Fibrokistik

Fibrokistik juga termasuk jenis tumor payudara yang cukup jinak, sering menyerang wanita dengan usia produktif dan jarang berpotensi menjadi kanker. Umumnya tumor ini akan membesar saat masa menstruasi sehingga menimbulkan rasa sakit yang juga lebih hebat. Bentuk dari tumor ini lebih pipih dengan batas tepi yang tidak jelas. Kebanyakan merasa panik jika menemukan tumor ini padahal sebenarnya tidak begitu berbahaya meski tetap diperlukan tindakan medis untuk mengatasinya.

 

  1. Kista

Kista merupakan jenis tumor payudara yang dapat tumbuh di bagian tubuh mana saja termasuk pada payudara. Kista umumnya berbentuk kantong yang berisi penuh cairan. Umumnya kista sudah dapat dirasakan saat berukuran di atas 2 cm dan cenderung melunak saat menjelang masa menstruasi tiba. Bentuk kista bisa bulat atau lonjong dan mudah digerakkan, mirip seperti kelereng. Kista bisa terus membesar dan terkadang menimbulkan rasa sakit. Karena itu segera konsultasikan dengan dokter mengenai penanganan yang tepat agar tidak semakin parah.

 

  1. Fibrosis

Fibrosis merupakan bentuk tumor jinak lainnya yang bisa dijumpai pada payudara. Bentuk tumor ini umumnya bulat dengan tekstur yang lebih padat, keras dan kenyal. Jika diraba jaringan pada tumor ini akan terasa seperti jaringan parut atau jaringan luka. Umumnya fibrosis tidak berpotensi menjadi kanker kecuali jika terdapat pemicu yang kuat seperti gaya hidup penyebab kanker sehingga sel pada payudara mengalami kerusakan materi genetik dan menjadi kanker.

 

Nah, itulah jenis tumor payudara yang umumnya sering dialami para wanita. Selalu jaga kesehatan dan rutin memeriksa payudara sendiri untuk mendeteksi dini adanya gangguan pada payudara. Sebaiknya pahami ciri benjolan kanker payudara dan cara pemeriksaannya, dengan begitu kita dapat melindungi kesehatan payudara dari penyakit yang berbahaya.

 

 

 

Jenis Tumor Payudara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*