Waktu Pemulihan Pengobatan Kanker Payudara

Waktu Pemulihan Pengobatan Kanker Payudara

Waktu Pemulihan Pengobatan Kanker Payudara

Bagi orang dengan kanker payudara, proses pengobatan adalah masa perjuangan di mana mereka harus ‘bertempur’ melawan penyakitnya. Tidak hanya itu, pemulihan pasca pengobatannya pun turut menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar pasien cepat sembuh dan dapat kembali beraktivitas secara normal. Lantas, berapa lama waktu pemulihan pengobatan kanker payudara ? Berikut penjelasannya.

 

Berapa lama waktu pemulihan pengobatan kanker payudara ?

Waktu pemulihan pengobatan kanker payudara tergantung pada tingkat keparahan kanker dan jenis pengobatan yang dijalani, baik itu melalui operasi, kemoterapi, atau radiasi. Lama pemulihannya pun bisa bertambah kalau pasien harus menjalani perawatan tambahan pasca operasi karena kasus-kasus tertentu.

Oleh karena itu, diskusikan diagnosis penyakit Anda dengan ahli onkologi untuk mendapatkan informasi paling akurat tentang masa pengobatan dan pemulihan kanker payudara yang harus Anda jalani. Namun dalam banyak kasus, waktu pemulihan setelah pengobatan kanker payudara yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

 

 

  1. Prosedur operasi

Lumpektomi (7-14 hari pemulihan)

Lumpektomi adalah prosedur operasi pengangkatan kanker dengan mempertahankan jaringan tubuh yang sehat. Keuntungan dari prosedur ini adalah Anda dapat langsung pulang ke rumah di hari yang sama setelah operasi. Meski demikian, efek dari operasi lumpektomi menimbulkan adanya sayatan kecil pada tubuh sehingga Anda tidak dianjurkan untuk terburu-buru kembali bekerja.

Jika operasi ini membuat kelenjar getah bening Anda ikut terangkat, artinya proses pemulihan Anda memakan waktu lebih dari satu minggu. Maka itu, hindari aktivitas mengemudi, angkat berat, atau olahraga yang memberatkan.

 

Mastektomi (1-3 minggu pemulihan)

Mastektomi adalah operasi pengangkatan salah satu atau kedua payudara secara keseluruhan. Prosedur ini dapat dilakukan pada pasien stadium awal atau lanjut, tergantung pada kondisi masing-masing pasien.

Prosedur medis ini termasuk jenis operasi rawat inap, jadi Anda akan tetap berada di rumah sakit selama satu atau dua hari setelah operasi. Tubuh Anda akan diberikan kateter atau selang khusus yang akan menampung darah dan cairan dari area operasi selama 5 sampai 7 hari untuk membantu penyembuhan. Pada beberapa kondisi, mastektomi dapat dilakukan dengan rekonstruksi payudara segera tapi hal ini tergantung pada kondisi dan keparahan kanker payudara masing-masing pasien.

 

Re-eksisi (3-7 hari pemulihan)

Re-eksisi adalah proses pengangkatan kembali sel-sel kanker yang masih ditemukan di sekitar payudara. Jika jaringan sel kanker masih tertinggal, dokter akan melakukan pengangkatan kanker payudara dengan ukuran yang lebih besar sehingga keseluruhan sel kanker dapat diangkat. Prosedur ini memerlukan waktu pemulihan sekitar 3 sampai 7 hari.

 

Rekonstruksi payudara (lama pemulihan bervariasi)

Rekonstruksi payudara adalah operasi untuk membentuk payudara setelah Anda melakukan mastektomi. Prosedur ini menggunakan implan payudara untuk membentuk payudara kembali. Lama pemulihan kanker payudara dengan metode ini tergantung pada kerumitan konstruksi yang dilakukan. Sebab ada beberapa jenis rekonstruksi yang melibatkan dua atau tiga prosedur bedah terpisah untuk memperbaiki struktur payudara baru, sehingga pemulihannya pun lebih lama.

 

  1. Kemoterapi

Waktu pemulihan pengobatan kanker payudara ini dibutuhkan bervariasi pada setiap pasien. Ingat, kemoterapi adalah pengobatan kanker yang akan memengaruhi seluruh tubuh Anda jadi akan cukup banyak efek samping yang mungkin terjadi.

Jika efek samping kemoterapi tergolong ringan, pasien kemungkinan dapat kembali ke aktivitas normal walaupun masih menjalani pengobatan. Sebaliknya, waktu pemulihan pengobatan kanker payudara bisa jadi lebih lama jika pasien merasakan efek samping yang cukup berat dan mengganggu. Oleh karena itu, pasien sebaiknya merencanakan 1 sampai 3 bulan waktu pemulihan pasca kemoterapi agar pasien lebih fokus pada kesehatannya.

 

 

  1. Radiasi

Lamanya proses radiasi biasanya tergantung pada jenis radiasi yang dilakukan pada pasien. Sehingga waktu pemulihan pengobatan kanker payudara pascaradiasi juga ikut bervariasi. Salah satu jenis radiasi seperti Accelerated Partial Breast Irradiation (APBI) dapat diselesaikan dalam waktu maksimal tiga minggu. Sedangkan branchytherapy atau radiasi payudara internal dapat dilakukan dalam waktu lima hari dengan efek samping ringan dan waktu pemulihan yang relatif singkat.

 

 

Apa yang bisa dilakukan kalau ingin mempercepat proses pemulihan?

Waktu pemulihan tidak selalu sama untuk setiap pasien. Sebab, hal ini tergantung pada kondisi kesehatan pasien, respon tubuh terhadap pengobatan, gaya hidup, dan tingkat aktivitas fisik selama pemulihan.

Untuk mempercepat masa pemulihan pasien dianjurkan untuk rutin berolahraga, makan makanan yang sehat, menghindari alkohol, dan berhenti merokok. Cara-cara berikut dapat membantu mengatasi masalah tidur yang biasa dialami saat pengobatan sehingga pasien dapat kembali beraktivitas secara normal.

Selain pemulihan secara fisik pasien juga perlu memulihkan dirinya secara emosional. Pemulihan emosional justru lebih rumit ketimbang pemulihan fisik. Tidak sedikit pasien kanker payudara yang rentan mengalami depresi dan kecemasan berlebihan sehingga berpeluang membuat penyakit kembali kambuh.

Menurut May McCabe, RN, seorang direktur Cancer Survivorship Program di Memorial Sloan-Kettering Cancer Center New York, setiap pasien kanker sangat membutuhkan dukungan dari keluarga dan teman, seperti dilansir dari WebMD. Hal ini bermanfaat untuk menurunkan tekanan dan stres yang dirasakan oleh pasien kanker sehingga proses pemulihannya dapat lebih cepat.

Dokter mungkin akan menyarankan pasien untuk menjalani mendapatkan konseling perilaku kognitif alias terapi bicara disamping pengobatan fisik. Dengan begitu, proses pemulihan pasien dapat berjalan dua kali lebih cepat dan seimbang secara fisik maupun emosionalnya.

 

Waktu Pemulihan Pengobatan Kanker Payudara

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*